Beranda / Berita / Berita Detail

TABLE MANNER : UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN DALAM PENYELENGGARAKAN LAYANAN GIZI PARIWISATA


Selasa, 18 Desember 2018 10:12 am
Bagikan berita ini   
  


WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.28.46Table   manner  adalah merupakan tata  cara makan  atau aturan   makan    secara   internasional  yang  mencakup   penggunaan peralatan ,  posisi   duduk ,   jenis menu   dan   hidangan yag disajikan  bagi  peserta   kegiatan tersebut.  Kegiatan ini  biasanya   dilaksanakan dalam pertemuan pertemuan resmi di tingkat   Internasional seperti seminar, simposisum,  konferensi dan lainnya.   Bali sebagai  daerah Pariwisata,   sangat  sering dilakukan pertemuan internasional  yang  dilanjutkan  dengan perjamuan makan  secara internasional. Untuk  itu  diperlukan   layanan   yang profesional   terhadap kegiatan table  manner tersebut . Khususnya  gizi berperan dalam penyajian   hidangan  mulai dari makanan pembuka  sampai makanan penutup.

Salah satu  kompetensi yang diharapkan   dimiliki    oleh   mahasiswa Jurusan Gizi   baik prodi d IIIWhatsApp Image 2018-12-18 at 10.28.46(1)  dan    d IV gizi  pada  bidang mata   kuliah kuliner adalah mahasiswa memahami  dan terampil   dam  melaksanakan table manner dan menyelenggarakan   table  manner bagi klien yang dilayani khsususnya  wisatawan  khususnya   dalam   penjajian makanan  secara internasional .  Untuk  itulah  maka   Jurusan  Gizi  Poltekkes  Denpasar     secara rutin  mengadakan   praktek  lapangan  Tabble  manner  pada Hotel    yang bertaraf Internasional   di  Bali untuk meningkatkan    pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

Untuk  semester genap  2018/2018, table  manner  telah  dilaksanakan  di dua   Hotel     yang merupakan   lokasi   praktek kerja lapangan     Jurusan Gizi yaitu    di   Hotel  Arma   Museum dan Resort  yang berlokasi di  Ubud, yang dilaksanakan pada tanggal 2 November  2018  dengan peserta  adalah  mahasiswa    prodi D III  Gizi sebanyak  55 orang.  Kegiatan  table  manner  ke dua  dilaksanakan    di Hotel  “ Prime  Plaza Hotel   and Suits  di Sanur  Denpasar  pada tanggal  15  Desember  2018,  dengan peserta  adalah mahasiswa Prodi       D IV Gizi  sebanyak 153 orang.  Kegiatan PL tersebut  didampingi  WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.28.44oleh  pengelola  Jurusan     (Ketua   Jurusan/Sekretaris Jurusan)  dan juga  dosen  mata  Kuliah  Kuliner yaitu Pande  Putu Sri Sugiani, DCN  M.Kes,,  I GA. Ari Widarti, SST. M.Kes, dan  Ni Made Yuni Gumala, SKM. M.Kes.

Kegiatan     dimulai dengan paparan  materi  tentang   Table Manner oleh pihak manajemen  Hotel. Penjelasan menu yang disajikan, demonstrasi  menu oleh  Chef Hotel, kemudian  yang dilanjutkan  dengan perjamuan Makan .Pada akhir kegiatan  disampaikan  ucapan terimakasih  kepada  pihak hotel  dan pemberian   sertifikat  secara  simbolis pihak hotel    kepada  Ketua Jurusan  Ni  Komang   Wiardani, ST. M.Kes. Melalui  Kegiatan ini diharapkan  ada tindak lanjut   kegiatan   yaitu mahasiswa mampu mengelola table manner secara mandiri di lingkungan  kampus dengan mengundang stake  holder  dan mitra potensial pada  mata  kuliah  Kuliner lanjut  dan manajemen penyelengaraan makanan Hotel. (KW )

TAUTAN TERKAIT