Beranda / Berita / Berita Detail

SEMINAR NASIONAL ANALIS KESEHATAN


Jumat, 22 September 2017 09:09 am
Bagikan berita ini   
  


Ikatan Keluarga Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Denpasar pada Minggu, (17/09/2017), menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk “Immune Response, Treatment, and Molecular Diagnostic of HCV in HIV-HCV Co-infection. Acara yang berlangsung di Gedung Auditorium Poltekkes Denpasar ini diikuti oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari para praktisi di bidang Teknologi Laboratorium Medik, mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan, siswa SMA/SMK kesehatan di Bali, dan masyarakat umum.

Menurut Ketua Panitia, I Putu Adi Darmada, mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan angkatan 2015, dalam laporannya menyampaikan bahwa seminar ini dilatarbelakangi oleh infeksi virus HIV yang masih menjadi permasalah utama dalam bidang kesehatan. Virus HIV menyebabkan penderita mengalami penurunan kerja sistem pertahanan tubuh sehingga sangat beresiko mengalami koinfeksi oleh virus Hepatitis C (HCV). Karena menurunnya sensitivitas test antibodi HCV pada penderita HIV maka diperlukan pemeriksaan berbasis molekuler untuk menunjang tata laksana koinfeksi HIV-HCV.

Acara yang dihadiri oleh Ketua DPW PATELKI Bali ini dibuka langsung oleh Direktur Poltekkes Denpasar, Bapak Anak Agung Ngurah Kusumajaya, SP., MPH. Dalam sambutannya, Bapak Direktur menyampaikan bahwa penyelenggaraan seminar ini sangat baik dan penting mengingat tingginya kasus infeksi virus HIV di Bali. Beliau berharap acara tersebut dapat diikuti dengan baik oleh mahasiswa dan bermaanfaat khususnya untuk mahasiswa Analis Kesehatan dan masyarakat.

Sesi seminar dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel. Sebagai pembicara pertama, hadir Dr. dr. Budiman Bela, Sp.MK.(K), merupakan pakar Virologi dan Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Pembicara kedua adalah Prof. Dr. dr. I Ketut Sukardika, Sp. MK, merupakan guru besar bidang Mikrobiologi Klinik dan rektor Universitas Udayana periode 1997-2001. Sebagai moderator dalam seminar ini adalah Ibu Ida Ayu Made Sri Arjani, S.IP., M.Erg, merupakan dosen di Jurusan Analis Kesehatan.

Dalam pemaparannya, Dr. dr. Budiman Bela, Sp.MK.(K) menyampaikan materi tentang diagnostik molekuler untuk mendeteksi virus HCV pada Ko-infeksi HIV-HCV. Sedangkan Prof. Dr. dr. I Ketut Sukardika, Sp. MK menyampaikan tentang respon imun terhadap infeksi dan tata laksana ko-infeksi HIV-HCV. Sesi seminar berjalan dengan baik, peserta tampak antusias mendengarkan pemaparan dari kedua narasumber, dan dilanjutkan dengan diskusi yang berlangsung menarik pada sesi tanya jawab. Seminar ditutup dengan acara hiburan oleh mahasiswa jurusan Analis Kesehatan, dilanjutkan dengan penyerahan doorprize untuk peserta yang beruntung, dan hadiah untuk para penanya terbaik.

DSC01318 DSC01413 DSC01423 DSC01435

TAUTAN TERKAIT