Beranda / Berita / Berita Detail

Poltekkes Denpasar Memberikan Bantuan kepada RSUP Sanglah dalam rangka Penanganan COVID-19


Selasa, 07 April 2020 12:04 pm
Bagikan berita ini   
  


7Salam Sehat Sahabat Polkesden!

IMG-20200511-WA0009Penyebaran virus corona atau yang disebut dengan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia saat ini sudah semakin menyebar. Situasi ini menyebabkan Pemerintah mengeluarkan status tanggap darurat untuk mengatasi wabah Covid-19. Pada awal perkembangan kasusnya, terajdi kelangkaan alat bantu kesehatan seperti Alat Pelindung, Diri (APD), Masker, juga Hand sanitizer. Alat- alat ini sangat dibutuhkan terutama di rumah sakit sebagai garda terdepan untuk penanganan pasien positif COVID-19. Banyak rumah sakit yang melaporkan kekurangan APD untuk melindungi tenaga medis mereka.

Menyikapi hal tersebut, Tim Satgas Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko IMG-20200511-WA0008Penyebaran dan Penularan COVID-19 Poltekkes Kemenkes Denpasar bersama dengan perwakilan mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) kemudian memutuskan untuk memberikan bantuan berupa APD, hand sanitizer dan juga IMG-20200511-WA0010handwash kepada RSUP Sanglah sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan pasien COvid-19 di Provinsi Bali. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 6 April 2020.

Dikarenakan kelangkaan dalam mendapatkan hand sanitizer, mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium medis kemudian meracik sendiri cairan hand sanitizer sesuai dengan prosedur kesehatan dengan bahan baku yang terstandar oleh WHO. Pembuatan hand sanitizer tersebut dilakukan dilaboratorium dengan pengawasan dari dosen. Sebelum digunakan, cairan hand sanitizer tersebut diuji swab tangan terlebih dahulu untuk melihat efek samping yang mungkin muncul sebelum dan sesudah digunakan. Setelah dirasa aman, hand sanitizer tersebut baru siap di digunakan.

TAUTAN TERKAIT