Beranda / Berita / Berita Detail

PENINGKATAN KAPASITAS PEMBINA PRAMUKA SAKA BAKTI HUSADA POLITEKNIK KESEHATAN DENPASAR


Rabu, 12 Desember 2018 09:12 am
Bagikan berita ini   
  


WhatsApp Image 2018-12-10 at 09.07.13(1)Gerakan Pramuka adalah Gerakan pendidikan yang bertuuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beniman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sesuai dengan tujuan tersebut, maka tugas seorang pembina pramuka untuk memfasilitasi terwujudnya hal tersebut. Salah satu kegiatan yang menunjang pembentukan karakter peserta didik dengan membekali para pembina dengan materi-materi kepramukaan dan Saka Bakti Husada. Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan Pembina pramuka dalam membina maka Politeknik kesehatan Denpasar dilaksanakan pertemuan para Pembina pramuka di seluruh jurusan yang berjumlah 35 orang. Kegiatan ini bertajuk “Peningkatan WhatsApp Image 2018-12-10 at 09.07.14Kapasitas Pembina pramuka Saka Bakti Husada Politeknik Kesehatan Denpasar”. Kegiatan ini bekerja sama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar. Kegiatan berlangsung pada tanggal 1 dan 2 Desember 2018 bertempat di Wisma Nangun Kerti Singaraja.

Kegiatan ini bertujuan untuk

  1. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pembina pramuka pada pangkalan Poltekkes Denpasar terkait materi kepramukaan dan saka bakti husada
  2. Menjalin silahturahmi antar pembina pramuka dilingkungan Poltekkes

WhatsApp Image 2018-12-10 at 11.21.01Pada kesempatan ini hadir Bapak Budi Santoso dari Kwartir cabang Denpasar sebagai narasumber. Dalam pemaparannya, ketua kwarcab kota Denpasar menegaskan dalam era milenial ini, gerakan pramuka hendaknya dapat menjadi sebuah solusi untuk mendidik mahasiswa sebagai generasi muda yang positif dan jauh dari kenakalan remaja. Dalam era ini kenalan remaja menjadi sebuah momok yang dapat menghancurkan masa depan bangsa kita.

Kegiatan dilanjutkan dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan Pembina dalam membina WhatsApp Image 2018-12-10 at 11.21.28latihan pramuka. Kegiatan diisi dengan simulasi upacara pembukaan dan penutupan latihan pramuka. Dalam kegiatan ini dilakukan penekanan dalam prosesi upacara pembukaan dan penutupan karena pada saat membina mungkin saja prosesi ini tidak dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku. Selanjutnya dilakukan simulasi dalam melantik pramuka Pandega. Dalam kegiatan ini banyak diskusi dalam menyamakan persepsi dalam hal membina, mempersiapkan administrasi gugus depan sampai tata cara pelantikan pramuka. Kegiatan berlangsung sangat dinamis karena disela-sela materi dan simulasi diselingi dengan kegiatan riang gembira. Acara malam hari dilanjutkan dengan renungan suci dan api unggun.

Keesokan harinya para peserta melakukan kegiatan kebersihan lingkungan dan olah raga disekitar kawasan wisma nangun kerti sebelum kembali ke Kampus Poltekkes Denpasar.

TAUTAN TERKAIT