Beranda / Berita / Berita Detail

PENDAMPINGAN UJI COBA APLIKASI E-LEARNING POLTEKKES KEMENKES DENPASAR DENPASAR, 13 – 14 SEPTEMBER 2017


Jumat, 22 September 2017 10:09 am
Bagikan berita ini   
  


elearning 2Perkembangan teknologi informasi dalam dekade terakhir telah mengubah cara pandang masyarakat dalam memperoleh informasi yang tidak lagi terbatas pada surat kabar, audio visual dan elektronik, melainkan melalui sumber-sumber lain seperti melalui jaringan internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi informasi adalah bidang pendidikan yang pada dasarnya merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik.

Hal tersebut sejalan dengan paradigma baru dalam proseselearning 1 pembelajaran yaitu dosen tidak lagi menjadi pusat pembelajaran. Kegiatan instruksional di perguruan tinggi tidak lagi berfokus pada penyampaian materi dari dosen secara satu arah tetapi mahasiswa diharapkan lebih efektif dan lebih aktif dalam memahami definisi, fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. Mahasiswa akan membutuhkan banyak waktu yang berkualitas untuk bisa berdiskusi dan membantu pemahaman dalam perkuliahan yang tidak hanya dapat dipenuhi melalui tatap muka di kelas.

elearning 4Salah satu alternative pengembangan metode pembelajaran aktif adalah dengan metode E-Learning. Metode ini dapat memberi lebih banyak waktu dan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mencari sumber materi serta berdiskusi yang tidak terbatas oleh waktu dan tempat. ELearning adalah suatu proses pembelajaran dimana penyampaian materi, diskusi dan kegiatan perkuliahan dilakukan melalui media elektronik. Metode pembelajaran E-Learning dapat mengkombinasikan pertemuan tatap muka, praktikum/praktik lapangan dan pembelajaran elektronik sehingga dapat meningkatkan kontribusi dan interaktifitas mahasiswa dengan dosen maupun antar mahasiswa itu sendiri bahkan terhadap dunia luar. Sehingga E-Learning dimungkinkan untuk dapat diterapkan dalam pendidikan tinggi bidang kesehatan.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan workshop penerapan PBM dengan E-Learning yang telah dilaksanakan untuk dosen Poltekkes Kemenkes, serta memonitor penerapan aplikasi software e-learning yaitu VILEP, maka dilakukan pendampingan uji coba aplikasi E-Learning untuk admin dan dosen Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Tujuan kegiatan pendampingan uji coba aplikasi E-Learning adalah :

  1. Pengenalan VILEP kepada pejabat struktural Poltekkes Kemenkes
  2. Pengujian software, data base aplikasi dan data base server oleh staf IT Poltekkes sebagai admin E-Learning di Poltekkes
  3. Pengujian fitur-fitur dalam VILEP oleh dosen Poltekkes yang telah mengikuti workshop
  4. Diperolehnya masukan dan saran dalam pengembangan VILEP
  5. Diperolehnya masukan dan saran dalam perbaikan VILEP terkait dukungan sarana, prasarana dan infrastruktur.

Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 13 sampai 14 September 2017. Bertempat di Auditorium Poltekkes Denpasar. Narasumber dalam kegiatan ini adalah dari Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan PPSDM Kesehatan dan dari vendor yang menangani server tersebut, yaitu : drg. Yana Yojana, MA (Pusdik SDM Kesehatan), drg. Musliana (Pusdik SDM Kesehatan), Bahri, ST (PT. Matrica) dan Djatmiko (IT).

Peserta kegiatan berjumlah 60 orang terdiri dari dosen dan admin jurusan serta direktorat. Kegiatan dibuka oleh Direktur Poltekkes Denpasar. Implementasi kegiatan tersebut akan diterapkan di lingkungan Poltekkes Kemenkes tetapi tetap masih menunggu pengembangan-pengembangan yang akan dilakukan oleh Pusat Pendidikan SDM Kesehatan.

TAUTAN TERKAIT