Beranda / Berita / Berita Detail

PELANTIKAN ANGGOTA PENDEGA PRAMUKA JURUSAN GIZI DAN PENGUKUHAN ANGGOTA SAKA BAKTI HUSADA POLTEKKES DENPASAR


Selasa, 19 Desember 2017 01:12 pm
Bagikan berita ini   
  


PELANTIKAN ANGGOTA PENDEGA PRAMUKA

JURUSAN GIZI  DAN PENGUKUHAN ANGGOTA SAKA BAKTI HUSADA

POLTEKKES DENPASAR

 

          SAKA (Satuan Karya Pramuka) merupakan suatu wadah kepramukaan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, minat, bakat, dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang kejuruan sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan penghidupnya untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sebagai aspirasi pemuda Indonesia. Salah satu Saka yang terdapat di Indonesia adalah Saka Bakti Husada (SBH) yang merupakan Saka milik Kementerian Kesehatan. Politeknik Kesehatan Denpasar berada dibawah Kementerian Kesehatan.

IMG-20171104-WA0012IMG-20171104-WA0009

 

 

 

 

 

Saka Bakti Husada pada Politeknik Kesehatan Denpasar dibentuk tahun 2004. Adapun tujuan dibentuknya organisasi kepramukaan ini adalah mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat disekitarnya. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan PPS yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Pada kegiatan SBH ini dilakukan latihan memberi penyuluhan, morse, tali-temali, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), dapur umum, dan cerdas cermat.

IMG-20171104-WA0007IMG-20171104-WA0017

 

 

 

 

 Pada hari sabtu, 4 Nopember 2017 dilaksanakan pelantikan anggota pandega pramuka Jurusan Gizi. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan pelantikan anggota pandega pramuka yang dihadiri dan sekaligus dibuka oleh Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kakak Pembina I Made Suarjana, SKM., M.Kes. dan A.A. Sagung Anom Udayani, S.Sos., M.AP. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan out bond di lingkungan kampus Jurusan Gizi dengan rute melewati kampus utara menuju ke bypass mantra kemudian menuju jalan pucuk satu dan menembus pantai biaung.

Pada malam hari pukul 19.00-22.00 wita dimulai upacara pelantikan anggota pandega pramuka Jurusan Gizi. Pelantikan ini dihadiri oleh Kamabigus yaitu Dr. Ir. I Komang Agus Jaya Mataram, SKM., M.Kes. Adapun kakak pembina yang turut hadir pada kegiatan ini adalah Lely Cintari, SST., M.P.H.; I Made Suarjana, SKM., M.Kes.; dan A.A. Sagung Anom Udayani, S.Sos., M.AP. Anggota Pandega Pramuka Jurusan Gizi yang akan dilantik yaitu dari mahasiswa jurusan Gizi semester I Prodi D III dan D IV Gizi yang terdiri dari 13 reka (kelompok). Masing-masing reka terdiri dari 9-12 orang, yang kemudian satu reka dilantik oleh satu pembina pramuka.

Pada hari jumat, tanggal 17 Nopember 2017 pukul 15.00-16.00 wita dilaksanakan pengukuhan anggota Saka Bakti Husada (SBH) Politeknik Kesehatan Denpasar. Anggota SBH yang dikukuhkan dari seluruh jurusan di lingkungan Politeknik Kesehatan Denpasar. Pengukuhan anggota SBH ini dilakukan oleh Direktur Politeknik Kesehatan Denpasar. Setelah itu mahasiswa semester I dari seluruh jurusan di lingkungan Politeknik Kesehatan Denpasar sudah resmi sebagai anggota Saka Bakti Husada (SBH) Politeknik Kesehatan Denpasar. Para anggota SBH ini setelah mengikuti kegiatan SBH diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam bidang kesehatan. Selain itu mampu dan mau menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat khususnya tentang kesehatan lingkungan, kesehatan keluarga, penanggulangan berbagai penyakit, gizi, manfaat dan bahaya obat.

Jpeg

TAUTAN TERKAIT