Beranda / Berita / Berita Detail

JURUSAN GIZI MENGGEBRAK GIANYAR DENGAN EDUKASI GIZI MELALUI PAMERAN GIZI


Rabu, 02 Mei 2018 10:05 am
Bagikan berita ini   
  


JURUSAN GIZI MENGGEBRAK GIANYAR DENGAN EDUKASI GIZI MELALUI PAMERAN GIZI

Gianyar merupakan salah satu Kabupaten masih memiliki permasalahan gizi ,khususnya gizi kurang dan stunting / pendek pada balita, anemia pada ibu hamil dan remaja, asi eksklusif dan cakupan garam yodium rendah berdasarkan data PSG 2017, untuk itilah Gianyar dipilih sebagai salah satu wilayah pelaksanaan PKL dan pameran Gizi oleh Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar

 20180407_095727IMG-20180408-WA0006

Kegiatan pameran merupakan salah satu metode edukasi gizi dengan pendekatan massa dengan tujuan untuk penyebarluasan informasi dan kesehatan kepada masyarakat banyak. Sehingga pada akhirnya masyarakat mau dan mampu memelihara kesehatan mereka secara mandiri.

IMG-20180409-WA0031IMG-20180423-WA0018

Sebagai salah satu metoda edukasi gizi dengan pendekatan massa, target sasaran pameran adalah masyarakat umum dan secara khusus golongan rawan gizi yang terdiri dari balita, ibu hamil, ibu menyusui, anak sekolah dan pekerja wanita.  Pameran gizi bertujuan untuk merubah perilaku masyarakat. Mengubah perilaku masyarakat tidaklah mudah dan memerlukan kesadaran serta memerlukan proses panjang.

Adapun kegiatan pameran gizi yang dilaksanakan oleh Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Denpasar di wilayah kabupaten gianyar antara lain:

  1. Pameran Gizi sehari di Desa Pejeng Kaja, Kec. Tampak Siring, dilaksanakan Senin, 2 April 2018 yang dihadiri oleh bapak Camat Tampaksiring dan Direktur Poltekkes Denpasar.
  2. Pameran Gizi sehari di Desa Blahbatuh, Kec. Blahbatuh

     Pameran gizi yang dilaksanakan tanggal 5 April 2018, merupakan rangkaian kegiatan PKL Manajemen Program Gizi Masyarakat dikemas sedemikian menarik dengan menghadirkan beberapa grup band. Selain itu dalam pameran yang dibuka oleh camat Blahbatuh ini juga digandengkan dengan acara lomba Balita Sehat yang diikuti oleh Balita dari seluruh Banjar di Desa Blahbatuh.

  1. Pameran Gizi sehari di Desa Ketewel, Kec. Sukawati

     Pameran gizi sehari ini merupakan output dari mata kuliah Penyuluhan dan Konsultasi Gizi, semester IV Prodi D-IV Gizi. Kegiatan pameran gizi dilaksanakan tanggal 7 April 2018. Pameran yang dikelola sepenuhnya oleh mahasiswa dibawah bimbingan Dosen pengampu mata kuliah menghadirkan Bupati Gianyar yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar. Hal yang menarik selain menyajikan beragam display gizi seimbang adalah interaktif pengunjung dalam menjawab kuis yang diselenggarakan oleh panitia, disamping itu dilaksanakan pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan.

  1. Pameran Gizi sehari di Desa Sayan, Kec. Ubud

     Pameran gizi sehari ini, dilaksanakan pada hari Minggu, 15 April 2018,  dirangkaikan dengan kegiatan jalan sehat dan hiburan. Masyarakat sekitar sangat antusias mengikuti kegiatan ini yang dibuka oleh Bupati Gianyar yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Gianyar. Hadir dalam acara jalan sehat dan pameran gizi ini antara lain Direktur Poltekkes Denpasar, Camat Ubud, Puskesmas Ubud II, Perangkat Desa Sayan, PKK, Lansia, PERSAGI Bali, Anak sekolah serta masyarakat umum Desa Sayan.

  1. Pameran Gizi sehari di Desa Lebih, Kec. Gianyar, pada tanggal 16 April 2018 yang dihadiri oleh bapak Camat yang juga dirangkaikan dengan kegiatan lomba balita sehat. Melalui pameran ini diharapkan Jurusan Gizi sebagai Institusi Pendidikan turut berkontribusi dalam upaya penanggulangan masalah Gizi di Gianyar dan masyarakat Kabupaten Gianyar menyadari pentingnya makanan bergizi seimbang bagi kesehatan.

TAUTAN TERKAIT