Beranda / Berita / Berita Detail

WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM PRODI NERS POLTEKKES DENPASAR


Kamis, 19 Oktober 2017 10:10 am
Bagikan berita ini   
  


WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM
PRODI NERS POLTEKKES DENPASAR
TANGGAL 2 s/d 4 AGUSTUS 2017

A. LATAR BELAKANG
Penyelengaraan pendidikan ners merupakan suatu bentuk tanggungjawab institusi pendidikan kesehatan khususnya pendidikan keperawatan dalam rangka meningkatkan kualitas dari lulusan pendidikan keperawatan. Hingga saat ini kebutuhan tenaga perawat yang bekualitas dan dengan jenjang pendidikan tinggi (Ners) masih sangat dibutuhkan oleh dunia kesehatan sehingga penyelenggaraan pendidikan ners yang masih cukup relevan.
Program Pendidikan Ners (School of Nursing ) Poltekkes Denpasar merupakan lembaga pendidikan tinggi di bidang keperawatan yang berada di Pulau Bali. Poltekkes Denpasar mempunyai tanggung jawab didalam penyiapan sumber daya manusia di bidang keperawatan yang akan menghasilkan seorang ners profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mampu memberikan pelayanan keperawatan secara profesional. Sesuai dengan standar yang ditetapkan bahwa kurikulum untuk mencapai kompetensi utama pendidikan Sarjana Keperawatan berkisar antara 144-160 SKS.
Selain kurikulum inti yaitu Kurikulum Pendidikan Ners Tahun 2015 yang dikeluarkan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) 80% maka sisanya 20% yang merupakan Kurikulum Institusional yang wajib disediakan oleh Program Pendidikan Ners Poltekkes Denpasar sebagai Institusi Penyelenggara Pendidikan Ners sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
Untuk memenuhi kebutuhan standar kurikulum inti dan institusional yang bercirikan isu-isu global dan ciri khas Poltekkes Denpasar yang juga disesuaikan kondisi daerah dan kebutuhan masyarakat Bali dan Nasional beserta kebijakan-kebijakan khusus di bidang pelayanan kesehatan dan keperawatan, maka Poltekkes Denpasar akan menyelenggarakan workshop kurikulum untuk melahirkan Kurikulum Program Studi Ners Poltekkes Denpasar. Penyusunan kurikulum ini dilaksanakan sebagai salah satu persiapan pembukaan Program Studi Nurse Poltekkes Denpasar.

Tujuan umum workshop adalah tersusun kurikulum prodi ners sesuai dengan standar yand didsari oleh : Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Panduan penyusunan kurikulum Pendidikan Tinggi , Kemenristek Dikti 2016

Workshop diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 2 sampai dengan 4 Agustus 2017 bertempat di Jurusan Keperawatan Poltekkes Denpasar.
Narasumber kegiatan workshop kurikulum ini adalah
1. Dr. Mohamad Hadi, SKM.,M.Kes. ( Ketua AIPNI)
2. Prof. Dr.I Made Supartha Utama,MS.,Ph.D (UNUD)

Peserta worksop sebanyak 56 (lima puluh enam ) orang yang terdiri dari dosen, Organisasi Profesi, Steak Holder dari RSUP Sanglah, RSUD Wangaya, RSUD Bali Mandara, Puskesmas Sukawati, Dinas Kesehatan, Institusi Pendidikan tinggi kesehatan dan tenaga kependidikan Jurusan keperawatan Poltekkes Denpasar.

P_20170802_091013 P_20170802_090413 P_20170802_090538 P_20170802_100203

TAUTAN TERKAIT