Beranda / Berita / Berita Detail

WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM MATRIKULASI PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI


Rabu, 24 April 2019 09:04 am
Bagikan berita ini   
  


WSJKB2019-4Tenaga bidan yang berkualitas dihasilkan oleh institusi pendidikan kebidanan yang dikelola dengan memperhatikan perkembangan ilmu  pengetahuan, teknologi dan regulasi. Hal ini sesuai dengan Misi Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar yaitu menyelenggarakan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Kebidanan dengan tujuan mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas. Salah satu piranti penting yang dibutuhkan adalah kurikulum. Undang-undang No 12 Tahun 2012 mengamatkan, kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI) No 44 Tahun 2015, merupakan penjenjangan capaianWSJKB2019-3 pembelajaran yang menyetarakan luaran bidang pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja dalam rangka pengakuan kompetensi kerja sesuai  dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Seiring dengan perkembangan IPTEK dan era globalisasi, tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan semakin meningkat. Masyarakat yang dilayani tidak hanya domestik, tetapi juga mancanegara. Untuk itu professionalisme bidan harus ditingkatkan, tidak cukup hanya lulusan pendidikan vokasi saja, namun harus memiliki pendidikan profesi bidan.

WSJKB2019-2Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Kebidanan sejak Bulan Juli 2018 telah mengantongi ijin pendirian program studi baru yaitu Program Studi DIV Profesi Bidan dari Kementerian Kesehatan RI. Tahun 2019 merupakan tahun pertama penerimaan mahasiswa baru Prodi Pendidikan Profesi Bidan dengan row input dari lulusan Diploma IV Kebidanan pada Poltekkes Kemenkes Denpasar. Selanjutnya akan dididik dari lulusan Diploma III Kebidanan ke Prodi Pendidikan Profesi Bidan. Saat ini Prodi D IV Kebidanan ini telah memiliki “Kurikulum Inti” DIV Kebidanan tahun 2013 yang capaian pembelajarannya disepakati bersama Prodi sejenis pada Badan PPSDM Kesehatan. Kurikulum tersebut perlu disesuaikan dengan Visi Prodi D IV Kebidanan Poltekkes Denpasar yaitu menjadi Program Studi D IV yang bermutu, profesional, kompetitif dan berbudaya. Salah satu misinya adalah menyelenggarakan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang kebidanan dengan tujuan WSJKB2019-1mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas. Berkenaan dengan hal tersebut maka diperlukan suatu perangkat kurikulum matrikulasi dan kurikulum inti yang mendukung pelaksanaan kegiatan.

Untuk itu, Jurusan Kebidanan Poltekkes Kebidanan menyelenggarakan workshop “Penyusunan Kurikulum Matrikulasi Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi” dari tanggal 27 Februari sampai dengan 1 Maret 2019. Kegiatan ini melibatkan pengelola pendidikan pada Jurusan Kebidanan, Pengurus Daerah Bali Ikatan Bidan Indonesia (Organisasi Profesi), stake holder, alumni, Pudir I dan jajaran, serta pendampingan narasumber dari Dikti dan AIPKIND. Tujuan dari penyelenggaraan workshop ini adalah untuk menyusun dokumen Kurikulum Matrikulasi Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi dan Kurikulum Profesi Bidan dengan Row Input D III dan DIV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar.

TAUTAN TERKAIT