Beranda / Berita / Berita Detail

WORKSHOP PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM ITEM DEVELOPMENT DAN ITEM REVIEW SOAL UJI KOMPETENSI SERTA PEMBENTUKAN ITEM BANK ADMINISTRATOR (IBA) POLTEKKES KEMENKES DENPASAR


Selasa, 23 April 2019 09:04 am
Bagikan berita ini   
  


WhatsApp Image 2019-04-09 at 09.21.46 (4)Uji kompetensi merupakan suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Uji kompetensi tenaga kesehatan pada evaluasi akhir program pendidikan (exit exam), dimana uji kompetensi secara nasional yang diselenggarakan mulai tahun 2014 oleh MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia). Dalam rangka persiapan uji kompetensi nasional untuk seluruh bidang kesehatan sebagai salah satu syarat kelulusan dari pendidikan vokasi atau profesi (uji kompetensi sebagai exit exam) diperlukan peningkatan kapasitas tenaga pendidik dalam menyusun instrument uji kompetensi. Untuk menghadapi uji kompetensi tenaga kesehatan tersebut maka diperlukan workshop tentang Item Development (materi Uji Kompetensi) dan Item review (analisis soal) bagi tenaga dosen Poltekkes Kemenkes Denpasar untuk dapat mempersiapkan peserta didiknya dalam menghadapi uji kompetensi tersebut. Dengan kegiatan workshop ini diharapkan para dosen mampu meningkatkan kompetensi esensial dari mata ajar, mampu menyusun soal dengan kriteria yang baik, mengetahui teknik-teknik review soal dan mempunyai Bank soal Uji Kompetensi di Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Berdasarkan hal tersebut Poltekkes Kemenkes Denpasar melaksanakan workshop tentang item WhatsApp Image 2019-04-09 at 09.21.46 (3)development dan item review tahap I tanggal 1-3 April 2019, dilaksanakan workshop tentang item development yang bertempat di Auditorium Poltekkes Kemenkes Denpasar, dengan tema “Workshop Penguatan Kompetensi Dosen Dalam Menyusun Instrumen Uji Kompetensi Dengan Item Development Poltekkes Kemenkes Denpasar”. Acara ini dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Denpasar yang memberikan pengarahan sekaligus membuka kegiatan workshop. Narasumber kegiatan workshop ini adalah dr. Yulherina, MKM dari Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi (LPUK) Tenaga Kesehatan. Peserta kegiatan workshop ini berjumlah 130 orang yang terdiri dari Direktur Poltekkes Kemenkes Denpasar beserta jajaran dan seluruh dosen di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Denpasar.

WhatsApp Image 2019-04-09 at 09.23.53 (2)Pada kegiatan workshop ini, peserta diajarkan mengenai cara membuat soal vignette. Soal yang terdiri dari vignette, lead in, dan option yang saling terhubung dan mudah dipahami. Vignette menunjukkan ilustrasi sebuah ide, tulisan sampai satu paragraf, terdapat beberapa data yang dapat dianalisis/ sintesis. Lead in merupakan kalimat tanya, karakteristik menggunakan kata tanya diakhiri dengan kata tanya, harus mengarah pada 1 jawaban. Option adalah pilihan jawaban yang harus dipilh oleh peserta, hanya mengandung 1 jawaban benar/ tepat, jumlah pilihan 5 terdiri atas 1 kunci (jawaban benar) dan 4 pengecoh (distraktor). Jadi semua distraktor harus berfungsi.

Adapun teknik pembuatan soal sesuai kaidah sehingga diperoleh soal yang berkualitas untuk memenuhi kriteria masuk buku bank soal uji kompetensi. Masing-masing jurusan akan memiliki blue print yang beda-beda, begitu pula dengan masing-masing prodi di jurusan tersebut juga memiliki blue print yang berbeda-beda sesuai dengan komposisi dan kompetensinya. Sehingga berdasarkan hasil workshop tersebut, masing-masing dosen diwajibkan mengumpulkan soal sesuai dengan kompetensi program studi masing-masing dengan model vignette sebanyak 20 soal ke bagian akademik paling lambat tanggal 11 April 2019. Model soal disesuaikan dengan pembahasan materi item development.

Menindaklanjuti hasil workshop ini, maka dilaksanakan workshop tentang item review soal uji WhatsApp Image 2019-04-09 at 09.22.47 (5)kompetensi dan pembentukan Item Bank Administrator (IBA). Workshop tentang item review dilaksanakan tanggal 15-16 April 2019, yang bertempat di Auditorium Poltekkes Kemenkes Denpasar. Adapun tema dari workshop ini adalah “Workshop Penguatan Kompetensi Dosen Dalam Item Review Soal Uji Kompetensi Dan Pembentukan Item Bank Administrator (IBA) Poltekkes  Kemenkes Denpasar”. Narasumber kegiatan workshop ini adalah dr. Yulherina, MKM dari Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi (LPUK) Tenaga Kesehatan. Peserta kegiatan workshop ini berjumlah 130 orang yang terdiri dari Direktur Poltekkes Kemenkes Denpasar beserta jajaran dan seluruh dosen di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Denpasar.

WhatsApp Image 2019-04-09 at 09.23.54 (10)Pada kegiatan workshop ini masing-masing dosen yang sudah mengumpulkan soal sesuai dengan kompetensi program studi masing-masing dengan model vignette sebanyak 20 soal melakukan review soal untuk memperoleh soal yang berkualitas untuk buku bank soal. Sehingga satu orang dosen melakukan review sebanyak 20 soal milik dosen lainnya yang masih satu kompetensi. Selanjutnya dilakukan latihan analisis soal dengan metode anates dan item analisis dengan Indeks kesukaran, Discrimination Index (DI), KR20, dan KR21 sehingga soal yang sudah direview tersebut dapat masuk dalam kriteria buku soal. Sedangkan yang tidak memenuhi kriteria, maka soal tersebut harus diperbaiki terlebih dahulu, baik dengan mengganti lead in ataupun optionnya.

TAUTAN TERKAIT