Beranda / Berita / Berita Detail

Nutritionist Gathering 2018,Pendidikan dan Pelatihan Gizi dengan tema “Tenaga Gizi Profesional dalam Penatalaksanaan Diabetes Mellitus melalui Proses Asuhan Gizi Terstandar”


Senin, 10 Desember 2018 10:12 am
Bagikan berita ini   
  


WhatsApp Image 2018-12-10 at 08.24.28Dewasa  ini sudah mulai terjadi  pergeseran    masalah gizi  dan   epidemiologi penyakit    dari    Gizi  kurang  ke  arah  Gizi   Lebih yang    meningkatkan    kejadiaan   tidak menular ( PTM).  Salah satunya  adalah Diabetes  Mellitus.  Angka Dabetes  Melitus    meningkat   cukup tajam di Indonesia   dan  Bali.   yaitu dari  6,5 % tahun 2013  menjadi   8,9 %   tahun 2018.   Penyakit  ini sangat erat kaitannya  dengan gaya  hidup dan  pola perilaku makan   masyarakat   yang sekarang  cenderung    mengarah  ke   pola  makan Western   yang   tinggi energi, lemak   dan rendah   serat maupun zat gizi  mikro. Untuk itulah perlunya  peran ahli Gizi   yang kompeten untuk  mencegah dan   mengatasi  masalah  tersebut.

Ahli gizi memegang peranan penting dalam penatalaksanaan Diabetes Melitus melalui proses Asuhan WhatsApp Image 2018-12-10 at 08.25.31Gizi  yang  terstandar.  Untuk dapat melakukan  asuhan  gizi  terstandar    ditingkat  puskesmas dan ditingkat klinik  (Rumah Sakit )  secara  tepat dan berkualitas,  diperlukan adanya  pendidikan  dan pelatihan secara  berkala.   Oleh karena itu, Poltekkes Denpasar Jurusan Gizi bekerja sama dengan  SOYJOYS Indonesia dan  DPD  Persagi Bali mengadakan Nutritionist Gathering 2018,Pendidikan dan Pelatihan Gizi dengan tema “Tenaga Gizi Profesional dalam Penatalaksanaan Diabetes Mellitus melalui Proses Asuhan Gizi Terstandar”.

WhatsApp Image 2018-12-10 at 08.24.48Diklat ini diadakan pada tanggal 8 Desember 2018 di Hotel NEO Denpasar. Acara  ini  juga diselenggarakan dalam rangka praktek mata kuliah Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Gizi Program Studi Diploma IV Gizi mahasiswa alih jenjang yang sekaligus  sebagai  pelaksana   kegiatan. Tujuan dari diklat ini adalah peserta dapat meningkatkan pemahaman   tentang penyakit DM dan meningkatkan keterampilan dalam proses asuhan gizi pada kasus DM baik di rumah sakit maupun puskesmas.

 Peserta  pelatihan  adalah   ahli gizi   rumah sakit dan  puskesmas  yang berasal di  seluruh BaliWhatsApp Image 2018-12-10 at 08.26.18  berjumlah 94 orang.  Diklat gizi ini menghadirkan 3 narasumber yang kompeten dalam bidangnya, yaitu dr. I Made Siswadi Semadi, M.Biomed, Sp.PD (dokter internis RSUP Sanglah) menyampaikan materi  tentang  DM  dan  penatalaksanaan  Medis. Pada sesi kedua, Ni Komang Wiardani, SST, M.Kes (Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar) menyampaikan tentang konsep Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT)  di  rumah sakit dan Puskesmas  dan langkah langkah   PAGT mulai dari skrining gizi,  dan diagnosa gizi ; dilanjutkan oleh Ni Wayan Rapiasih, SST MPH (Dietisien  sekaligus   Kepala Instalasi Gizi  RSUP  Sanglah  )  intervensi gizi dan monitoring evaluasi gizi. Kepada peserta   diberikan latihan kasus DM secara kelompok yang dikerjakan sesuai   dengan PAGT diakhiri dengan presentasi dan rencana tindak lanjut  kegiatan Diklat. Kegiatan ini diharapkan   memberikan manfaat   kepada ahli   gizi  dan  menerapkan PAGT  di tempat  kerja  masing  dalam menangani   penyakit  DM dan   masalah gizi lainnya  ( KW)

TAUTAN TERKAIT