Beranda / / Berita Detail

TIPS MENYUSUI AMAN DAN SEHAT DI MASA PANDEMI COVID-19


Rabu, 02 September 2020 11:09 am
Bagikan berita ini   
  


Tips Menyusui Aman Dan Sehat

Di Masa Pandemi COVID-19

Situasi pandemic seperti sekarang ini pastinya memberikan tantangan yang tersendiri bagi ibu menyusui. Banyaknya berita yang beredar terkadang bukannya melegakan, namun malah seringkali menimbulkan kecemasan yang berakhir pada keraguan. Banyak perasaan kwatir bagi ibu menyusui “Bisakah saya memberikan ASI pada bayi saya?” atau “akankah bayi saya tertular jika saya terinfeksi?”. Kita akan bahas nih tips agar ibu menyusui tetap tenang dan nyaman di masa pandemic ini.

 IMG-20200826-WA0047 (2)

Pada Rabu, 26 Agustus 2020 sedang berlangsung lagi Live Talkshow Ruang Gizi dan Kesehatan yang bertemakan “Tips Menyusui Aman Dan Sehat Di Masa Pandemi Covid-19” di Gema Merdeka 97.7 FM dan live Ig Gema Merdeka Bali. Kali ini narasumber yang akan menjelaskan yaitu salah satu dosen Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar yaitu Ibu I G.A. Ari Widarti,DCN,M.Kes

 Nah bagi Ibu-ibu muda yang baru mempunyai bayi pasti belum terlalu paham nih pentingnya pemberian ASI di masa pandemi ini, Yukk kita bahas! Nah pentingnya menyusui di masa pendemi  karena  didalam ASI mengandung immune oglobulin, antiviral factors, sitoksin dan lekosit yang membantu bayi mempertahankan diri dari serangan virus / bakteri pathogen dan meningkatkan system imunbayi, ASI juga sumber makanan bayi yang aman dan terjamin kulaitas dan ketersediannya  selain untuk bayi menyusui juga dapat dapat mengurangi stress pada ibu dan membantu menjaga kesehatan mental ibu, Merangsang kontraksi Rahim yang dapat mengurangi terjadinya anemia pada ibu setelah melahirkan dan juga Menghilangkan rasa nyeri Mengurangi kanker payudara dan Rahim Mengurangi resiko penyakit diabetes, hipertensi.

Nah bagaimanasih cara menjaga nutrisi pada Ibu Menyusui?? Saat menyusui, para ibu biasanya selalu merasa lapar. Wajar saja, ibu menyusui membutuhkan ekstra kalori untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat menyusui, yaitu sekitar 330 kkal / hariuntuk 6 bulan pertama dan 400 kkal / hari untuk 6 bulan berikutnya. Ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Kenapa harus makan yang sehat? Makanan sehat memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh, sementara kebanyakan makanan ringan atau kudapan tidak lebih dari karbohidrat dengan tambahan gula dan garam yang membuat ibu menyusui cepat kenyang sekaligus cepat lapar kembali. Apalagi, dalam kondisi pandemic dimana dayatahan tubuh adalah kunci keberhasilan tubuh melawan virus, nutrisi dalam makanan perlu menjadi prioritas. Makanan apa saja yang baik untuk ibu menyusui?? Ibu menyusui membutuhkan sejumlah vitamin dan mineral yang lebih banyak dari wanita pada umumnya. Zat gizi penting adalah vitamin C, vitamin D dan perbanyaklah minum air putih, Ibu menyusui bias jadi memerlukan suplemen tambahan jika kebutuhan akan nutrisinya tidak terpenuh.

Berikut ini tips-tips aman dan sehat di masa pandemic covid-19 ini yaitu Jaga kesehatan dan kebersihan lebih ekstra, Tetap memberikan ASI dengan asupan terbaik, Jika sakit, selalu gunakan masker saat berada di dekat bayi, Mencuci tangan lebih sering, Mensterilkan benda yang sering disentuh atau digunakan, dan Segera cek mandiri jika ibu mengalami gejala yang berkaitan dengan covid-19. semoga apa yang disampaikanbermanfaatdandapatmemberikanmotivasikepadaibu-ibumenyusui agar tetap memberikan ASI kepada bayinya untuk agar bayi tumbuh menjadi anak mempunyai tingkat kekebalan yang tinggi sehingga tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas berkat ASI”

Create by ; Juni Arsana, Ariati, Miyasa, Novita, Rai       Ananda

 

 

TAUTAN TERKAIT