Beranda / / Berita Detail

POLA MAKAN SEHAT UNTUK MENCEGAH HIPERKOLESTROLNEMIA


Rabu, 02 September 2020 08:09 am
Bagikan berita ini   
  


POLA MAKAN SEHAT UNTUK MENCEGAH HIPERKOLESTROLNEMIA

Halo SobatGizi. Pada Jumat, 28 Agustus 2020 sedang berlangsung sapanutrisi di kompas tv yang bertemakan “Pola Makan Sehat untuk mencegah Hiperkolesterolnemia”. Kali  ini narasumber yang akan menjelaskan yaitu salah satu dosen Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar yaitu Ibu Pande Putu Sri Sugiani, DCN.M.Kes.

IMG-20200902-WA0009 (2)

Hiperkolesterol emia bias menyerang siap asaja di berbagai rentang usia. Jadi, bukan lagi hanya masalah orang tua, melainkan usia muda pun bias mengalami penyakit ini. Mengkonsumsi makanan sehat bisa membantu kamu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Apa yang dimaksud dengan hiperkolesterolnemia dan kolesterol? Hiperkolesterolnemia adalah suatu keadaan dimana kadar kolesterol darah melebihi ambang batas, yaitu > dari 200 mg dl dan kolesterol merupakan zat ang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bias ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Apa penyebab kolesterol darah kita tinggi ? Ada tiga factor penyebab kolesterol darah kita tinggi pertama faktor primer yaitu genetic dan keturunan, kedua factor sekunder yaitu polamakan, aktifitasfisik, jenis kelamin dan usia , yang ketiga factor tersier yaitu penyakit tertentu. Efeknya bila terjadi hiperkolesterolmia terhadap kesehatan merupakan factor penyebab terjadinya penyakit jantung.

Bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi Hiperkolesterolnemia? Ada beberapa yang perlu dilakukan yaitu pertama pengaturan polamakan dengan konsumsi makanan rendah lemak dan kolesterol, perbanyak makanan berserat seperti pada gandum, agar agar , sayuran dan buah, konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti apel, jeruk, pepaya, dan stroberi, kurangi konsumsi garam dan mengonsumsi ikan dan asam lemak omega 3 seperti salmon, tongkol, tuna, dansarden. Yang kedua dengan mengatur polahidup disarankan kepada penderita hiperkolesterol untuk melakukan aktifitas fisik secara teratur agar terhindar dari penyakit jantung. Yang ketiga pengolahan makanan. Ada berbagai metode pengolahan makanan yang dapat diterapkan agar makanan yang dikonsumsi oleh Penderita mengandung lemak rendah, seperti dengan cara direbus, di tim, dipanggang. Jenis minyak yang digunakan sebaiknya adalah lemak tak jenuh seperti, minyak biji matahari, minyak zaitun, minyak slada

Create by ; Juni Arsana, Ariati, Miyasa, Novita, Rai Ananda

TAUTAN TERKAIT