Beranda / / Berita Detail

PENTINGNYA KEAMANAN MAKANAN DI MASA COVID-19 ATAU DI ERA NEW NORMAL


Rabu, 09 September 2020 01:09 pm
Bagikan berita ini   
  


PENTINGNYA KEAMANAN MAKANAN DIMASA COVID-19 ATAU DI ERA NEW NORMAL

Padamasa Pandemi COVID-19 ini makanan harus dapat berfungsi dengan baik, maka diperlukan berbagai syarat agar memenuhi criteria seperti yang diharapkan. Selain makanan harus mangandung zat gizi (lemak, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin), makanan harus baik dan tidak kalah pentingnya yang untuk diperhatikan adalah bahwa makan harus aman untuk dikonsumsi. Setelah ketiga unsure tersebut terpenuhi, maka baru dapat disebut dengan makanan “Sehat”.

Screenshot (121)

Pada Rabu, 2 september 2020 sedang berlangsung lagi Live Talkshow Ruang Gizi dan Kesehatan yang bertemakan “Pentingnya Keamanan Makanan Dimasa Covid-19 Atau Di Era New Normal” di Gema Merdeka 97.7 FM dan live Ig Gema Merdeka Bali. Kali ini narasumber yang akan menjelaskan yaitu salah satu dosen Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar yaitu A.A. Nanak Antarini, SST.M.Si

Nah kalian tau ganihapa yang dimaksud keamanan pangan? Keamanan pangan adalah suatu kondisi yang diperlukan pada pangan itu bagaimana bias menghindari cemaran fisik, bilogi, kimia dan benda asingl ainnya yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Apa saja sih faktor-faktor yang mempengaruhi keamanan pangan?? Yang pertama ada cemaran fisik itu seperti rambut, debu, tanah, serangga dan kotoran lainnya, yang kedua cemaran biologi itu berasal dari mikroba yaitu bakteri, jamur, cendawan karena kurangnya higenesanitasi dan yang ketiga ada cemaran kimia itu tentu saja berasal dari seperti pupuk, pestisida, merkuri, arsen, cyianida  dan sebagainya. Kaula muda jaman sekarang ini banyak yang ingin mengkonsumsi makanan cepat saji seperti banyak orang yang memilih makanan melalui pesan layan antar (delivery). Hal itu bertujuan untuk mengurangi bepergian keluar rumah dan mengurangi kontak dengan banyak orang. Tetapi banyak juga nih tidak memikirkan dampaknya bagi kesehatan, apakah makanan yang mereka beli dan konsumsi itu aman dan sehat bagi tubuh mereka.

Nah berikut tips menjaga keamaan pangan dengan menerapkan 5 Kunci Keamanan Panganyaitu:1) Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah pangan, 2) Pisahkan pangan mentah seperti daging dan sayuran dengan pangan matang untuk menghindari kontaminasi, 3) Masak pangan dengan suhu yang sesuai, yaitu minimal 70oC, 4)Simpan pangan pada suhu dan tempat yang aman (misalnya di lemari khusus makanan atau lemari pendingin), 5) Gunakan air dan bahan baku yang aman, misalnya air yang jernih, tidak berbau dan tidak berasa untuk mencuci sayuran sebelum di olah. Nah tentunya Penerapan 5 kunci keamanan pangan sebagai upaya pencegahan COVID-19 juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi vitamin yang cukup.

Create by ; Juni Arsana, Ariati, Miyasa, Novita, Rai Ananda

 

TAUTAN TERKAIT