Beranda / Berita / Berita Detail

” EMO DEMO ” ( EMOTIONAL DEMONSTRATION ) UNTUK MENUJU PERBAIKAN GIZI


Selasa, 01 Agustus 2017 08:08 am
Bagikan berita ini   
  


“EMO DEMO” (EMOTIONAL DEMONSTRATION)

UNTUK MENUJU PERBAIKAN GIZI

Salah satu teknik promosi kesehatan adalah “emo demo”. Teknik ini merupakan kegiatan demonstrasi dengan menggunakan kekuatan emosional. Pelaksanaan penyuluhan dengan teknik emo demo dilakukan dengan sederhana, waktu yang dibutuhkan hanya 15–20 menit. Kegiatan itu diberikan kepada mahasiswa melalui game seru, peragaan, dan nonton film. Metode “emo-demo” diharapkan dapat meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam berkomunikasi dan menyampaikan pesan-pesan gizi secara praktis sehingga dapat diaplikasikan dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat.

Pt 2Pt 1

Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Denpasar sebagai salah satu lembaga pendidikan dibawah Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang gizi . Penyelenggaraan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan bermutu dilakukan melalui Tri Dharma Perguruan Tingi maliputi Pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Proses belajar-mengajar dilakukan dengan menggunakan berbagai metode dalam berbagai mata kuliah, salah satu diantaranya adalah “emo-demo”.

Pada hari senin tanggal 22 Mei 2017 bertempat di Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Denpasar diadakan kegiatan Emo Demo (Emotional Demonstration) oleh mahasiswa Prodi D III Semester IV Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Denpasar. Kegiatan ini merupakan penelitian kerjasama antara Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Denpasar dengan GAIN (Global Alliance for Improved Nutrition). Kegiatan ini bersifat role play yaitu dengan bermain peran seperti ibu hamil, ibu menyusui, tenaga penyuluh dan peran lainnya. Dosen yang membina kegiatan ini yaitu Ibu Ni Komang Wiardani, SST., M.Kes., Bapak Ir. Hertog Nursanyoto, M.Kes., Bapak I Ketut Kencana, SKM., M.Pd., dan Bapak Ir. I Made Purnadhibrata, M.Kes. Emo Demo ini bertema “ASI Eksklusif dan ATIKA (Anjuran Konsumsi Tambahan Zat Besi Bagi Ibu Hamil)”. Berdasarkan tema ini mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan “Emo-Demo” selama praktek lapangan mata kuliah Program Gizi Masyarakat.

TAUTAN TERKAIT