Beranda / Berita / Berita Detail

Bimbingan Teknis Pelayanan Kesehatan Tradisional(Yankestrad) dan Pendampingan Pengembangan Griya Sehat di Provinsi Bali


Selasa, 14 September 2021 08:09 am
Bagikan berita ini   
  


Pada tahun 2021 ini Poltekkes Kemenkes Denpasar melakukan pengembangan pelayanan kesehatan tradisional  Griya Sehat. Untuk itu pada hari Senin tanggal 13 september 2021 dilaksanakan bimbingan teknis dan pendampingan pengembangan Griya Sehat di aula Poltekkes Kemenkes Denpasar, Undangan terbatas dihadiri oleh Tim dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Kesehatan kota Denpasar dan Tim Griya Sehat Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Ketua Tim Griya Sehat yang juga menjabat Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Poltekkes Kemenkes Denpasar, Komang Ayu Henny Achjar, SKM., M.Kep, Sp Kom mengatakan  pengembangan Griya Sehat di Poltekkes Kemenkes Denpasar dilatarbelangi oleh keinginan Poltekkes Kemenkes Denpasar untuk menurunkan mortality dan morbidity akibat pandemi melalui pelayanan kesehatan tradisional. Pengembangan yankestrad ini juga sesuai dengan visi dan misi Poltekkes Kemenkes Denpasar yaitu menjadi institusi kesehatan yang berwawasan kesehatan pariwisata karena Bali merupakan tujuan wisata dunia.

Direktur Poltekkes Kemenkes Denpasar, Dr. Anak Agung Ngurah Kusumajaya, SP.,MPH menyambut baik pengembangan yankestrad di Poltekkes Kemenkes Denpasar dan memberi support agar Griya Sehat ini segera terwujud dan berharap dipersiapkan dengan sungguh sungguh sesuai aturan berlaku. Melalui bimtek ini didiskusikan kendala yang dihadapi untuk dicarikan solusinya.

Materi Direktur Yankestrad Kemenkes RI yang disampaikan oleh dr Gita Swisari disebutkan persyaratan yang perlu disipakan seperti gedung dan ruang pelayanan, sarana, alat dan bahan, kerjasama serta ijin operasional. Selain itu diperlukan pula sarana pendukung yang harus dipenuhi seperti tanaman obat tradisional.

Selesai pemaparan materi dilanjutkan peninjauan ke lokasi Griya Sehat Poltekkes Kemenkes Denpasar yang terletak di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Denpasar untuk melihat sarana yang sudah disiapkan.

Selesai kegiatan ini akan dilakukan revisi dan melengkapi persyaratan untuk segera dilakukan pengurusan perijinan.

BIMTEK GRIYA SEHAT 2021

TAUTAN TERKAIT