Beranda / / Berita Detail

Seminar Kewirausahaan


Senin, 12 Oktober 2020 08:10 am
Bagikan berita ini   
  


Tantangan berat yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dewasa ini adalah adanya jumlah pengangguran  yang sangat besar dan senantiasa   bertambah dari waktu ke waktu.  Meskipun  mengurangi angka pengangguran selalu menjadi prioritas program pemerintah,  namun setiap tahun angka tersebut sulit dikurangi. Jika pun berkurang, jumlahnya sangat kecil. Dari  data jumlah pengangguran  yang ada, ternyata  penganggur dari kalangan  terdidik menunjukkan kecenderungan meningkat. Khususnya Bali yang  mengandalkan sektor pariwisata, di masa pandemic ini mengalami keterpurukan yang luar biasa. Namun demikian diantara keterpurukan tersebut masih ada peluang-peluang bisnis yang bisa digarap. Sebagai mahasiswa hendaknya  jangan berorientasi kepada Pegawai Negeri saja, namun diharapkan dengan jiwa kewirausahaan  bisa menciptakan lapangan kerja baru.

Untuk itu dalam upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa, khususnya  mahasiswa Jurusan Kesehatan Gigi, pada hari Sabtu 10 Oktober 2020 Jurusan kesehatan Gigi menyelenggarakan Seminar dengan tema “ Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Di Era New Normal Pandemi Covid 19 Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Denpasar

Sebagai nara sumber dalam seminar daring ini adalah dr. I Putu Wirama selaku  Praktisi Kewirausahaan dan Ketua Wirausaha Muda Kota Denpasar, I Nyoman Wirata, SKM, M.Kes selaku dosen kewirausahaan sekaligus ketua unit bisnis Poltekkes Kemenkes Denpasar, serta seorang  alumni yang sudah sukses berwirausaha dibidang  terapis gigi dan mulut yaitu Ni Made Yadnywati, AMd.Kg ST.

Di akhir seminar dapat disimpulkan, bahwa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa hendaknya mempunyai impian. Dari impian tersebut  setelah lulus nanti dirumuskan, apakah mau  kerja, kuliah, ataukah melakukan wirausaha. Jika sudah menentukan rencana tersebut, misalnya berwirausaha, maka buatlah rencana usulan bisa dengan metode Canvas, dan kemudian buatkan action plannya. Agar usaha bisa berhasil maka  haruslah fokus pada apa yang kita kerjakan, beradalah pada lingkungan yang positif serta jangan lupa berdoa.

wirausaha 1

 

 

 

 

wirausaha 2

 

 

 

 

wirausaha 4

 

 

 

 

 

 

wirausaha 3

TAUTAN TERKAIT