Beranda / SAMBUTAN JURUSAN GIZI POLTEKKES DENPASAR

SAMBUTAN JURUSAN GIZI POLTEKKES DENPASAR

SAMBUTAN  JURUSAN GIZI  POLTEKKES  DENPASAR

edit

 

 

 

 

 

 

 

 

Sambutan Ketua  Jurusan

Om Swastiastu

Selamat datang di Website Jurusan Gizi Poltekkes  Kemenkes   Denpasar.   Website ini  merupakan sarana  promosi dan   informasi  tentang   berbagai  kegiatan   Jurusan  Gizi Poltekkes  Denpasar.  Jurusan Gizi   Poltekkes    Denpasar  yang beralamat di Jalan Gemitir  72 Denpasar,  merupakan   salah satu Jurusan   di Poltekkes  Denpasar   yang  menyelenggarakan   program pendidikan  vokasional  bidang gizi  dan  satu-satunya  milik  Kementerian  Kesehatan    yang ada  di Bali.  Didirikan pada  tahun 1985  dengan nama  Akademi Gizi  dan berubah nama   menjadi   Jurusan Gizi   sejak tahun 2001  sesuai SK Menkes  No. 298 tahun 2001.   Setelah mengalami proses Alih bina di bidang akademik   oleh  DIKTI, maka berdasarkan SK  Kemendikdud nomor 355/E/0/2012,   Jurusan Gizi    menyelenggarakan  dua   program studi  yaitu Prodi D III   Gizi  yang ditempuh dalam waktu   3 tahun  dan prodi DIV Gizi ( Sarjana Terapan Gizi)   dalam waktu  empat tahun .Saat  ini  kedua  Prodi telah terakreditasi   dengan peringkat  Nilai  B  oleh BAN-PT   untuk  prodi D III  tahun 2015  dan     Nilai B oleh   LAM-PTKes  untuk Prodi D IV Gizi tahun 2016.

Jurusan  Gizi  Poltekkes   Denpasar  mencetak tenaga  Ahli    Madya   Gizi  dan Sarjana   Terapan  Gizi  yang  kompeten    yang   beriman,  kreatif dan mandiri,  professional,  berbudaya   dan dapat    menjalankan perannya  dengan baik  di Masyarakat.   Peran lulusan   Sarjana   Terapan Gizi   adalah sebagai  pengelola  kegiatan   gizi secara   mandiri   yaitu   sebagai  pengelola   pelayanan  gizi klinik ,  pengelola   program gizi   masyarakat,  pengelola  program gizi institusi   dan    mengembangkan    teknologi  dan informasi   bidang  gizi melalui kegiatan  penelitian.  Sedangkan Ahli Madya  Gizi   yang merupakan  lulusan   Diploma  Tiga  Gizi  melaksanakan peran   masih sebatas  sebagai   pelaksana  kegiatan   program gizi.

Tenaga  gizi yang berkualitas  dan professional  akan  selalu  dibutuhkan  seiring dengan  tetap   munculnya permasalahan gizi    di masyarakat  yang   dikenal dengan  masalah   gizi  ganda    (Nutrition  Double  Burden )  dan  bahkan Triple  Burden  yaitu   gizi kurang    dan  gizi lebih  yang memicu   obesitas  dan berbagai penyakit  tidak menular    sebagai   akibat pola  makan  salah, disamping   permasalahan   gizi   lainnya  berkaitan  dengan keamanan pangan dan kesehatan pariwisata  khususnya di Bali.  Sehingga  Jurusan Gizi    harus  bisa menghasilkan   Lulusan   setingkat  Ahli Madya  Gizi  dan Sarjana  Terapan  Gizi  yang   berkualitas, kompeten dan professional  untuk  mampu bersaing di pasar  global.

Sebagai institusi pendidikan, maka  Jurusan gizi   melalui   kedua  Program Studi terus   mengembangkan  diri   dalam  bidang Tri Dharma  Perguruan  Tinggi  agar tetap   menjadi institusi   yang berkualitas dengan berpedoman pada   Visi  dan  Misi Poltekkes Denpasar  yang dijabarkan dalam  Visi dan  Misi kedua Prodi. Sebagai penciri Prodi,  maka  kedua Prodi  memiliki keunggulan  yaitu   Konseling  Gizi  Pariwisata untuk  Prodi Gizi dan Dietetika  dan  Dietetic Tourism    Services untuk Prodi Diploma Tiga Gizi.  Pemilihan  unggulan ini didasarkan  atas  keberadaan Bali sebagai  Destinasi  wisata   dunia.

Jurusan Gizi   didukung oleh berbagai komponen    pendidikan  seperti    peserta didik  yang berkualitas,  dosen   yang kompeten dan professional, tenaga kependidikan,   kurikulum pendidikan     serta  sarana  dan prasarana yang memadai.   Jurusan  Gizi     selalu    berusaha   melakukan  upaya   kreatif  dan  inovatif   melalui perekrutan  peserta didik,  pengembangan   kompetensi  dan soft skill,  pengembangan   dan peningkatan   professional SDM, pengembangan   sarana  dan prasaran serta     melakukan kerjasama   dengan berbagai isntitusi  yang terkait baik dalam dan luar negeri.  Manajemen  pengelolaan  yang baik  dilakukan  dengan   menerapkan prinsip  Budaya    Hospitality   sehingga  akan   membawa Jurusan Gizi    menjadi  institusi  pendidikan  yang berkualitas  dan berbudaya .

 Viva  Akademika … Viva  Nutrisia ..

Om Shanti Shanti  Shanti om .

Ketua   Jurusan Gizi

Dr. Ni Komang  Wiardani, SST , M.Kes,

 

 

 

 

TAUTAN TERKAIT