headerphoto

Asah Kemampuan "Soft Skill" Mahasiswa, Poltekkes Denpasar Gelar Pelantikan SBH

Senin, 15 November 2010 14:27:54 - oleh : admin

Pelantikan dan pengukuhan Saka Bakti Husada (SBH) Poltekkes Denpasar tahun 2010 digelar 13 - 14 Nopember 2010 di bumu perkemahan Blahlkiuh, Badung. Kegiatan ini bertujuan mengasah keterampilan atau soft skill mahasiswa baru Poltekkes Denpasar.

Ketua Panitia, I Wayan Jana, SKM., M.Si, didampingi Pamong Saka, Komang Agusjaya Mataram, MT, mengatakan kegiatan ekstrakurikuler tersebut menjadi agenda rutin Poltekkes Denpasar. Sebab, pada dasarnya, pendidikan tidak hanya menekankan pada hard skill, melainkan juga kemampuan soft skill.

Manurutnya, tidak sedikit pendidikan zaman sekarang yang meninggalkan etika dan budaya. Metode pendidikan semacam itu sejatinya kurang tepat, karena hanya mengandalkan pada pencapaian akademis, atau cenderung mengabaikan kemampuan non-akademis (soft skill)

Atas dasar itu, Poltekkes Denpasar juga menitikberatkan pendidikannya pada soft skill mahasiswa. Selain melalui kegiatan SBH, Poltekkes Denpasar juga selalu mengadakan pelatihan, misalnya melalui kegiatan DASIPENA (Pemuda Peduli Siaga Bencana). Di setiap kegiatan tersebut, mahasiswa digembleng fisik dan mentalnya, sehingga diharapkan kualitasnya nantinya memenuhi harapan.

Komang Agusjaya menambahkan, SBH merupakan salah satu jenis Satuan Karya Pramuka yang menjadi wadah kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan. Tujuan dibentuknya SBH adalah untuk mewujudkan tenaga kader pembangunan dalam bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan Pramuka dan masyarakat dilingkungannya.

Lebih lanjut Jana memaparkan, tahun ini Poltekkes Denpasar menerima 297 mahasiswa baru di enam jurusan, yakni Jurusan Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kesehatan Gigi, Analis Kesehatan, Kebidanan dan keperawatan.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Seminar" Lainnya