Beranda / / Berita Detail

SEMINAR ILMIAH JURUSAN TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS TAHUN 2019


Selasa, 13 Oktober 2020 03:10 pm
Bagikan berita ini   
  


Ikatan Keluarga Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Denpasar pada Sabtu, 12 Oktober 2019, menyelenggarakan kegiatan Seminar Ilmiah yang berjudul “Peran Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Deteksi Dini PJK Berbasis Kimia Klinik dan Molekuler”. Acara yang berlangsung di Ballrom Hotel NIKKI Denpasar ini diikuti oleh 700 peserta yang terdiri dari para praktisi di bidang Teknologi Laboratorium Medis, Mahasiswa jurusan Teknologi Laboratorium Medis, siswa SMA/SMK Kesehatan di Bali dan masyarakat umum.
Menurut Ketua Panitia Kadek Ika Surya Cahyani, Mahasiswa jurusan Teknologi Laboratorium Medis angkatan 2017, dalam laporannya menyampaikan bahwa seminar ini dilatarbelakangi oleh Penyakit jantung koroner merupakan kasus utama penyebab kematian dan kesakitan pada manusia. Meskipun tindakan pencegahan sudah dilakukan seperti pengaturan makanan (diet), menurunkan kolesterol dan perawatan berat badan, diabetes dan hipertensi, penyakit jantung koroner ini tetap menjadi masalah utama kesehatan. Penyakit jantung koroner merupakan pembunuh nomor satu di negara-negara maju dan dapat juga terjadi di negara-negara berkembang. Organisasi kesehatan duina (WHO) telah mengemukakan fakta bahwa penyakit jantung koroner (PJK) merupakan epidemi modern dan tidak dapat dihindari oleh faktor penuaan. Diperkirakan bahwa jika insiden PJK mencapai nol maka dapat meningkatkan harapan hidup 3 sampai 9%
Acara yang dihadiri oleh Ketua DPW PATELKI Bali ini dibuka langsung oleh Wakil Direktur Poltekkes Denpasar, Bapak I Nyoman Gejir,S.Si,T,M.Kes. Dalam sambutannya, Bapak Wakil Direktur menyampaikan bahwa penyelenggaraan seminar ini sangat baik dan penting mengingat tingginya kasus PJK di Indonesia, Beliau berharap acara tersebut dapat diikuti dengan baik oleh mahasiswa dan bermaanfaat khususnya untuk mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis dan masyarakat.
Sesi seminar dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel. Sebagai pembicara pertama, hadir Dr. dr. Mohammad Rizki Akbar,M.Kes,SpJP(K), FIHA,FAsCC yang membawakan materi mengenai Faktor resiko dan pencegahan dini Penyakit Jntung Koroner . Pembicara kedua adalah Dr. I Made Putra Swi Antara,Sp.JP yang membawakan materi tentang Teknologi Laboratorium berbasis Kimia Klinik dan Molekuler untuk deteksi dini PJK. Dan pembicara ketiga bapak Heri Setiyo Bekti,S.ST.,M,Biomed yang membahas Aspek pre-analitik pemeriksaan Laboratorium dalam menunjang diagnosis PJK. Sebagai moderator dalam seminar ini adalah Bapak I Wayan Karta,S.Pd.,M,Si merupakan dosen di Jurusan Teknologi Lboratorium Medis.

WhatsApp Image 2020-10-13 at 15.58.38

TAUTAN TERKAIT