Beranda / Sejarah

Sejarah

 .:: SEJARAH JURUSAN TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS

Pelayanan Laboratorium Kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Masyarakat menghendaki mutu hasil pengujian laboratorium terus ditingkatkan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan penyakit. Pendirian Jurusan/Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Program Diploma Tiga Poltekkes Kemenkes Denpasar bertujuan mendapatkan tenaga laboratorium yang sesuai dengan standar profesi sehingga dapat menghasilkan lulusan yang profesional dalam upaya memenuhi tuntutan masyarakat.

Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Program Diploma Tiga merupakan satu program studi di lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia atas nama Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.03.05/I/II/4/00255/2009 tanggal 22 Januari 2009. Jurusan /Program Studi Diploma III Analis Kesehatan Poltekkes Denpasar secara teknis pembinaannya dibawah Kementerian Kesehatan, namun telah mengalami proses alih bina secara akademik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 355/E/O/2012 tentang alih bina penyelenggaraan program studi pada politeknik kesehatan Kementerian Kesehatan dari Kementerian Kesehatan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program Studi Diploma Tiga Analis Kesehatan berubah nama menjadi Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Program Diploma Tiga pada tanggal 17 Juli 2019 sesuai Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 584/KPT/I/2019.

Sistem Jaminan Mutu Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Program Diploma III Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar dilakukan melalui audit internal dan eksternal. Audit internal dilakukan oleh tim penjaminan mutu Poltekkes Denpasar. Audit eksternal pada Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Program Diploma III Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar telah dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) dengan Strata Akreditasi B dengan nilai 316, berlaku sampai dengan 10 Juli 2020 sesuai SK Nomor 771/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/VII/2015.

Hal lain yang penting juga di tahun 2020 adalah terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 34/M/2020 tentang Izin Pembukaan Prodi Teknologi Laboratorium Medis Program Sarjana Terapan Pada Poltekkes Kemenkes Denpasar tanggal 8 Januari 2020. Dengan diterimanya Izin Pembukaan Program Sarjana Terapan, maka mulai tahun akademi 2020/2021, Jurusan Teknologi Laboratorium Medis mulai mengelola 2 (dua) program studi, yaitu program Diploma III dan Program Sarjana Terapan.

e17015c2-159d-44fa-ad0c-cf488d583348

TAUTAN TERKAIT