Beranda / Laboratorium Kimia Klinik

Laboratorium Kimia Klinik

Laboratorium Kimia Klinik Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Denpasar merupakan salah satu laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk menganalisa zat-zat kimia organik yang terlarut dalam darah , urin dan cairan tubuh. Pemeriksaan laboratorium tersebut berdasarkan pada reaksi kimia.

Semua pemeriksaan kimia klinik dilakukan pada setiap spesimen/sampel jenis cairan tubuh, tetapi kebanyakan pada serum atau plasma. Serum adalah bagian darah yang tersisa setelah darah dibuat membeku dan semua sel darah dapat dihilangkan. Hal ini paling mudah dilakukan dengan sentrifugasi, sel-sel darah dan trombosit padat ke bagian bawah tabung centrifuge, meninggalkan fraksi cairan serum yang dikemas dan berhenti di atas sel-sel.

Di Laboratorium Kimia klinik Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Denpasar Pemeriksaan kimia klinik dilakukan pengukuran kadar aktivitas enzim sampel dan yang lainnya melalui alat spektrofotometri semiotomatis dan otomatis sehingga akurasi dan efisiensi waktu dapat dioptimalkan. Selain itu, mahasiswa diajarkan pula pemeriksaan dengan metode manual agar mahasiswa mampu melakukan pemeriksaan kimia klinik jika bekerja di daerah terpencil.

Laboratorium kimia klinik Jurusan Teknologi Laboratorium Medis membekali mahasiswa agar berkompetensi dalam melakukan analisa dan mengintepretasikan serta menjamin validasi hasil pemeriksaan kimia klinik untuk mendiagnosa suatu penyakit yang ada pada pasien.

Ada beberapa pemeriksaan kimia klinik yang dapat dilakuakn di laboratorium Kimia Klinik Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Denpasar, antara lain:

  1. Fungsi Hati (SGOT/SGPT, Gamma GT, ALP, Bilirubin direct/indirect, Albumin)
  2. Profil Lemak (Cholesterol total, Trigliserida, HDL Cholestero dan LDL Cholesterol)
  3. Fungsi Ginjal  (Asam urat, BUN , Kreatinin)
  4. Gula Darah (Gula Darah Puasa, Sewaktu, 2 JPP)
  5. Protein (Globulin, Albumin, Fraksi Protein)
  6. Parameter Jantung (LDH, CK-MB, Troponin)
  7. Elektrolit (Na, K, Cl)
  8. Urinalisis
  9. Analisis Faeses
  10. Analisis cairan tubuh (Cairan Otak, cairan sendi, cairan pleura)
  11. Analisis Batu Ginjal

kimia klinikklinik 2

 

TAUTAN TERKAIT